Jumat, April 17, 2009

Referensi Buku Ma Yan


Judul Buku : Ma Yan
Penulis : Sanie B. Kuncoro
Pembaca : Semua Kalangan
Jenis Buku : Novel Inspirasi dari Kisah Nyata
Penerbit : Bentang
Penilaian : 4/5 (versi KBB)

Baru-baru ini saya membaca novel Ma Yan. Sebuah novel yang sangat menggugah dan sangat menyentuh perasaan. Novel ini bercerita tentang betapa sulitnya Ma Yan menghadapi hidup. Setiap hari ia harus berjibaku dengan kehidupan yang seolah tidak bersahabat kepadanya.
Dalam menjalani kehidupannya ia harus berjuang mempertahankan keinginannya untuk bisa tetap bersekolah, padahal kondisi keluarga Ma Yan saat itu rasanya sulit menwujudkan keinginan Ma Yan. Terlebih Ma Yan berkali-kali gagal masuk sekolah yang ia inginkan, sehingga membuat orang tuanya berkeinginan untuk tidak ingin lagi membantunya mencapai mimpinya.
Dalam kesedihannya ia menuliskan sebuah surat tentang keinginannya yang ingin bersekolah kepada ibunya. Sayangnya ibunya tidak bisa membaca suratnya, hingga akhirnya ia membacakan suratnya di depan ibu. Sang ibu yang mendengar pembacaan surat Ma Yan sontak dibuat terkejut dan terharu, dalam hati kecilnya ia ingin berjuang kembali untuk mewujudkan keinginan Ma Yan. Bagaimana nasib Ma Yan selanjutnya? Silahkan anda beli bukunya….
Terus terang buku ini adalah buku inspirasi dengan kekuatan emosi yang baik, padahal penulisnya (Ibu Sanie) tidak bertatap muka langsung dengan Ma Yan, ia hanya membaca dan menginterpretasikan dari buku aslinya The Diary of Mayan. Sekedar info, buku ini termasuk jajaran buku terlaris di Amazon.com dan telah menginspirasi jutaan orang untuk tetap semangat melanjutkan sekolah.
Bagian terfavorit dari buku ini adalah ketika Ma Yan ingin sekali membeli sebuah pena. Saking mahalnya benda ini, ia harus berpuasa untuk tidak makan lauk dengan hanya memakan jatah nasi putih satu kali pada siang hari. Dari sini saya belajar banyak tentang arti kehidupan sebenarnya….
Nah bagi yang ingin sekali membaca buku ini, monggo langsung aja cari di toko buku, harganya gak mahal kok….

Salam Inspirasi


Irawan Senda
Founder Komunitas Baca Buku
Author of Living Like a Puzzle

0 komentar:

Posting Komentar