Rabu, Juni 23, 2010

Meet Charles Saerang



Maraknya persaingan bisnis perjamuan, membuat siapa saja menjadi dibuat ketar-ketir. Semua seakan bersaing untuk menjadi pemenang dalam pertarungan di dunia bisnis ini. Isu-isu negatif tentang jamu berbahan kimia ataupun jamu palsu, menjadi isu yang selalu hangat diperbincangkan di kalangan pecinta jamu.

Begitupun dengan pembicaraan Charles Saerang pada saat gathering dengan komunitas Media Indonesia. Acara yang dilakukan di Gedung CNI ini memang berbeda bila dibandingkan dengan acara-acara yang diadakan media lainnya. Acara ini lebih menitikberatkan pada sisi edukasi dan pembelajaran tentang bisnis.

Lewat diskusi dengan Charles Saerang, kita diajak untuk melihat kiprah beliau menjadi seorang penerus kerajaan bisnis jamu nyonya meneer, peninggalan sang nenek. Dalam diskusi ini Charles Saerang membeberkan rahasia yang harus dipegang teguh penerus bisnis, terutama untuk generasi ketiga.

Kata beliau, bisnis keluarga itu harus dibangun dengan profesionalisme, manajemen yang baik dan memisahkan antara kepentingan bisnis dan kepentingan keluarga adalah resep manjur dan mutakhir untuk bisa mempertahankan bisnis di tengah ketatnya persaingan. Selain itu bisnis juga harus memiliki tim yang baik untuk memajukan perusahaan agar bisa berkembang dan lebih baik lagi.

Adapun lima prasyarat tim yang adalah sebagai berikut:

1) Mempunyai Visi yang sama
2) Rule of The Game
3) Kontrak Posisi
4) Strong Leadership
5) Pendelegasian Tugas

Nah itu untuk prasyarat tim, nah dalam menjalankan family business sendiri ada tiga hal penting yang harus kita miliki:

1) Misi : Setiap manusia memiliki misi sendiri-sendiri, begitupun dengan bisnis, semua harus memiliki misi yang jelas.

2) Visi : Setelah memiliki misi, barulah visi itu terbentuk dengan sendirinya.

3) Komitmen: Komitmen adalah kunci menjaga kesinambungan berbisnis agar terus bergerak mencapai target-target yang terbentuk dari visi.

Itulah sedikit ilmu yang sudah di share Charles Saerang pada saya, beruntung saya diberi kesempatan bertemu dengannya dan mendapatkan inspirasi darinya….

Salam Inspirasi


Irawan Senda

3 komentar:

Fikriah Saleh,S.E,.M.M mengatakan...

Mungkin lanjutan setelah ini,mohon u dibahas tentang dahsyatnya kepercayaan dan kesempatan yang diberikan hubungannya dengan peningkatan kinerja dan lompatan kesuksesan bisnis seseorang.thanks, regards (fikriah)

Irawan Senda dan Toto Edrinal Sebayang mengatakan...

Ini Fikriah Saleh ya?

handout mengatakan...

thanks very much

Posting Komentar