Minggu, Desember 14, 2008

Resolusi


Setiap tahun menyapa, setiap saat itu juga kita beresolusi. Resolusi yang dibuatpun bermacam-macam. Ada yang berbasis dengan realita, ada yang berbasis pada abstrak dan ada juga yang berbasis pada impian. Apapun basisnya, yang terpenting adalah seberapa konsisten kita menjalankan resolusi. Sebab apalah arti resolusi, jikalau diri ini hanya tidur dan tidak menggapai semua resolusi.

Bisa jadi resolusi terdengar nyaring bak sebuah kaleng kerupuk yang kita pukul. Padahal kita tahu kaleng tersebut tak berisi.

Kalau sudah begini untuk apa beresolusi? Bagi sebagian orang yang tidak beresolusi adalah mungkin menjalani hidup seperti layaknya hidup, tetapi yang menjadi pertanyaannya apakah kita hidup hanya sekedar hidup? Bila hidup hanya sekedar hidup, lantas apa bedanya kita dengan ayam? Apa bedanya kita dengan tumbuhan?

Nah disinilah letak pemahaman sebenarnya tentang hakikat manusia sebagai mahluk yang memiliki kecerdasan dalam berpikir. Disinilah letak dari makna hidup sebenarnya, sebab hidup bukanlah sekedar hidup. Namun hidup itu harus memberi arti bagi yang ditinggalkan. Memberi arti bagi kehidupan sekitarnya, hingga mereka akan selalu tersenyum mengenang kita hingga akhir menjemput.

Jadi sudahkah kita beresolusi untuk kehidupan kita dan orang lain?

Salam Inspirasi

Irawan Senda

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sudah dooong..yg jelas harus menjadi pribadi yang lebih baik lagi...

Posting Komentar