Sabtu, September 06, 2008

Mencari Pekerjaan yang Ideal



Mencari pekerjaan yang pas di hati emang susah, tapi buat yang pengen kerja saya punya tips menarik menarik, yang saya dapatkan dari Media Indonesia terbitan Jumat 5 September 2008.
1. Kenali potensi diri. Cobalah untuk introspeksi! Kenali kelebihan dan kekuarangan diri. Terimalah segala kekurangan anda dan jangan menipu diri. Bebaskan fantasi tentang pekerjaan serta lingkungan kerja yang anda idamkan. Dengan demikian anda mempunyai gambaran yang pasti tentang pekerjaan apa saja yang tepat. Setelah itu sesuaikan dengan potensi anda apakah sesuai dengan pekerjaan tersebut. Melakukan pekerjaan yang anda sukai kemungkinan akan suksesnya lebih besar daripada melakukan pekerjaan yang tidak anda sukai.
2. Sesuai kepribadian. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan anda. Misalnya anda seorang yang supel, ramah dan mudah bergaul, mungkin anda cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan publik seperti marketing, humas, customer service dan lain-lain. Atau bila anda seorang yang tertutup, pemalu, anda akan merasa lebih aman mengerjakan pekerjaan di belakang meja seperti administrasi dan akunting.
3. Idealisme dan pole kerja. Setiap orang memiliki idealisme sendiri. Bagi anda yang memiliki idealisme tinggi dan menyukai pole kerja bebas alias tidak dibatasi jam kerja. Anda bisa memilih pekerjaan lapangan atau tim kreatif yang tak terbatasi jam kerja. Atau bahkan melakukan kerja lepas atau freelance. Jika anda termasuk jenis seperti ini jangan pernah memaksa kerja dalam lingkungan kerja yang terpola dan yang terbatasi dengan deadline. Anda tidak akan enjoy dan buntutnya akan menjadi stress.
4. Buatlah daftar prioritas. Buat daftar pekerjaan idaman anda. Tulis masing-masing kriteria diri anda. Misalnya hobi, kelebihan, kekurangan diri dan pendidikan. Sehinggan anda akan tahu pekerjaan tersebut cocok dengan anda. Misalnya apa saja yang mendukung anda memilih pekerjaan sebagai public relation. Kemudian pilih yang faktor pendukungnya banyak. Karena itulah pekerjaan anda. Tapi jangan lupa perhatikan tantangannya.
5. Dengar saran teman. Ada baiknya anda juga mendengar dan mempertimbangkan saran orang lain mengenai pekerjaan anda. Biasanya orang lain lebih tahu hasil kerja anda daripada anda sendiri.
6. Pilih dan tekuni. Begitu anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai, kerjakan pekerjaan tersebut sepenuh hati. Orang yang mencintai pekerjaanna akan tercermin lewat hasil kerjanya. Anggap saja kegiatan favorit anda. Dijamin pekerjaan akan ringan dan anda akan sukses.

0 komentar:

Posting Komentar