Senin, November 03, 2008

Dunia Blog



Perkembangan blog di Indonesia saat ini cukup mencengangkan. Dari waktu ke waktu semakin banyak orang yang membuat blog untuk mempertahankan eksistensinya di dunia maya. Isinya bermacam-macam, dari mulai informasi tempat makan, puisi, jualan barang, google adsense, pengumpul informasi sampai blog yang berisi layanan esek-esek.
Hmm yang jelas bagi masyarakat yang melek internet sudah tidak awam lagi dengan teknologi blog, karena boleh dibilang blog menjadi santapan keseharian bagi para penyuka dunia tulis menulis.
Namun tidak hanya para penulis saja yang suka nge blog namun para artispun sepertinya latah membuat blog-blog pribadi. Apalagi ada penerbit yang suka menerbitkan buku adaptasi blog. Membuat para artispun semakin giat mengisi blog-blog mereka dengan karya dan tulisannya.
Secara content masing-masing blog memiliki karakterisasi sendiri-sendiri. Saya membaginya dalam lima jenis. Dan jenis-jenis itu adalah :

1. Blog Tulisan
Untuk yang jenis pertama biasanya dipenuhi dengan karya-karya mereka seperti puisi, novel atau curhatan mereka. Satu hal ciri mendasar dalam blog tulisan adalah contentnya lebih banyak berisi tulisan-tulisan tangan dari buah pikirannya. Dan ciri yang tidak kalah penting adalah mereka konsisten terhadap gaya bahasa yang mereka pakai.

2. Blog Entertaint
Blog ini dibuat untuk mengentertaint seseorang di kala jenuh. Biasanya content yang disajikan berupa gossip, berita dan foto-foto dunia artis. Pengelolanya biasanya perempuan yang senang sekali bersosialita dengan dunia entertaint. Dan untuk commentnya biasanya berisi pendapat terhadap berita dan foto si artis tersebut.

3. Blog Eksistensi
Blog ini dibuat oleh para pesohor yang sudah terkenal, seperti David dan Victoria Beckham. Blog eksistensi biasanya dikelola oleh orang lain, bukan dikelola oleh diri sendiri. Jadi jangan banyak berharap kita menemukan tulisan dan karya-karya mereka secara langsung (karena pada umumnya tulisan mereka dibuat dari hasil wawancara atau pantauan dalam bertindak).

4. Blog Informatif dan Tips
Hmm di dunia blog ada tipe orang yang tidak mau ribet and maunya rebes. Tinggal tag link sana-sani mereka mengambil tulisan, informasi dan tips yang dibuat orang lain. Sehingga tidak heran ketika melihat blog mereka kita akan berpikir, kayaknya tulisan ini pernah kita baca di website lain. Informasinyapun beragam ada yang di dapat dari situs kuliner, situs informasi Yahoo atau situs esek-esek. Yang jelas mareka tidak pernah membuat langsung content yang mereka buat, karena mereka memang tidak pernah mau repot untuk menulis.

5. Blog bisnis
Blog ini biasanya berisi informasi penjualan barang atau jasa. Fungsinya seperti situs yang ada pada internet saja, yaitu mempermudah transaksi dalam melakukan bisnis secara on line. Tidak hanya blog penjualan saja, ada beberapa blog yang bersifat sangat informatif yang menggunakan jasa link ke website lain untuk mendapatkan pendapatan. Nah hal ini bisa kita tawarkan ke orang lain jika trafic di website kita tinggi.

Hmm itulah gambaran dunia blog yang saya pantau selama ini. Nah termasuk blog seperti apakah kita?

Salam Inspirasi

Irawan Senda

1 komentar:

lily mengatakan...

Benar2 memberikan gambaran universal dari peredaran blog saat ini

Lam kenal...

Posting Komentar