Senin, November 24, 2008

Inspirasi dari Pesta Blogger


Sabtu 22 November adalah sebuah hari yang tidak bisa dilupakan saja bagi para komunitas blog di Indonesia. Karena ini adalah kopdar blogger terbesar yang diadakan di Indonesia sepanjang tahun 2008. Lebih dari seribu orang mengerubungi ruang auditorium gedung BPPT Sarinah. Semua seakan seperti terbuai dalam sebuah euphoria besar dari perhelatan akbar ini. Sayapun menjadi terbuai dengan kondisi ini.

Ada yang menarik dari pesta blog ini. Setiap blogger memiliki tipe-tipe berbeda dan sungguh unik. Saya membaginya dalam beberapa kelompok :

1. Up To Date

Kelompok Up To Date selalu menenteng lap topnya dalam situasi apapun. Bahkan selama acara berlangsung mereka tidak pernah berhenti menulis untuk blog mereka, seraya mengup load foto-foto dari kamera yang mereka bawa. Ciri khasnya selain menenteng-nenteng tas laptop, ya mojok. Tujuannya jelas untuk mencari tempat yang nyaman untuk berblog ria.

2. Pemantau

Nah ini adalah tipe pengunjung seperti saya, yang kerjanya memantau fenomena unik selama acara berlangsung. Tidak terlalu memikirkan konten acara yang diperhatikan adalah setiap manusia yang berinteraksi satu sama lain.

3. Pendatang Baru

Kalau pendatang baru adalah orang yang sama sekali tidak tahu apa itu blog, tapi berhubung diajak teman dan kolega maka tertarik untuk ikut acara ini. Tujuannyapun macam-macam, ada yang sekedar melihat acara berlangsung, ada juga yang praktik langsung selama acara berlangsung. Maklumlah panitia menyediakan banyak komputer untuk para blogger (tapi ini rada antri lho...).

4. Serius

Nah ada juga tipe pengunjung yang serius sekali mendatangi tempat ini. Ciri yang jelas terlihat adalah rajin bertanya dengan pertanyaan berbobot selama acara berlangsung. Tidak hanya itu ia juga selalu menyiapkan catatan kecil untuk setiap gagasan yang dituangkan oleh speaker.

5. Sensasi

Ada beberapa pengunjung acara ini datang dengan gaya-gaya bak model. Tujuannya adalah memikat orang-orang di sekitar mereka. Dengan pakaian sedikit terbuka membuat setiap mata lelaki menoleh kepada mereka. Ciri khasnya berdandan maksimal agar bisa diwawancara (lho kok??). Ya pada kenyataannya memang mereka senang sekali dengan yang namanya wawancara sebab di sini banyak sekali stasiun tv yang meliput.

6. Hura-hura

Waduh kalau bicara orang-orang ini bisa dikatakan hebohnya setengah mati. Mau ada ini atau itu yang penting teriak. Sekedar meramaikan suasana. Karena itulah sorotan kamera selalu mengarah pada mereka yang teriak-teriak. Tujuannya adalah memperkuat eksistensi kelompok komunitas blognya.

7. Cari Link

Bagi kartu nama, so pasti itulah yang dilakukan. Dengan bertukar kartu nama mereka bisa mendapatkan link dan bisa bekerjasama di kemudian hari, yah syukur-syukur berjodoh (he...he...he...).

8. Haus ilmu

Wah tipe ini mirip orang-orang serius namun sedikit santai. Ciri khasnya, senang datang ke booth-booth promosi yang ada di luar ruangan. Kumpulin brosur adalah pekerjaan utama. Dan bertanya langsung pada marketing produk adalah kerjaannya. Jadi jangan heran mendengar mereka mengeluarkan pertanyaan- pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu dijawab juga nantinya pasti tahu.

9. Pemburu Hadiah

Tipe pemburu hadiah biasanya trus keliling dari booth satu ke booth lain untuk mencari tahu hadiah apa yang akan mereka berikan di akhir sesi ketika acara per sesi berlangsung. Dan yang paling kelihatan adalah mereka niat tidak keluar ruangan hanya karena ingin mendapatkan door prize (maklum hadiahnya ada HP Nokia seri N, Ipod dan Lap Top sih…).

Nah itulah tipe-tipe pengunjung pesta blogger 2008, siapapun anda yang merasa dalam kelompok tersebut, anda adalah orang-orang yang sudah meramaikan pesta blogger tahun ini. So, jangan pernah berhenti mewarnai acara persta blogger di tahun mendatang.

Salam Inspirasi

Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar