Senin, November 24, 2008

The Power of Community


Pesta blogger adalah sebuah kekuatan komunitas baru yang tidak bisa dilihat sebelah mata saat ini. Kekuatannya bagai magnet yang tidak bisa dipungkiri lagi dalam kancah komunitas tanah air. Acara kongkow-kongkow bareng sampai kegiatan sosial, seperti menjadi sebuah rangkaian baru yang tidak bisa dipisahkan begitu saja.

Selain melakukan kegiatan sosial via internet mereka juga tidak jarang saling berkunjung satu sama lain dalam dunia nyata. Tujuannya memang saling mempererat hubungan antar komunitas blog satu sama lain. Yang paling terasa dari adanya komunitas ini adalah persaudaraan yang kuat satu sama lain. Semua seolah tidak mengenal siapa anda dan dari mana asal anda, yang penting asal kita punya blog maka kita adalah satu saudara. Sungguh sebuah prilaku positif yang mencirikan bangsa kita adalah bangsa yang ramah.

Selain rasa persahabatan yang terbangun, komunitas yang sudah terbangun dengan baik ini juga memiliki rasa tolong menolong yang tinggi diantara komunitas blog satu dengan yang lainnya, sehingga tidak heran seseorang akan merasa sangat nyaman ketika mereka berada dalam sebuah lingkup komunitas blog.

***

Belajar dari fenomena ini, saya merasa sudah seharusnya kita membangun sebuah komunitas. Karena dengan membangun kekuatan via komunitas, kita akan semakin lebih kuat, sebagai contoh ada salah seorang kartunis asal Prancis datang ke Jakarta. Kala itu banyak orang yang tidak mengenalnya dengan baik, namun berkat bantuan komunitas kartunis di Indonesia. Acara book signingnya dipenuhi massa pecinta kartun. Kalau sudah begini bisa dikatakan komunitas memegang pengaruh kuat dalam mensukseskan sebuah kegiatan. Oleh karena itu mulai saat ini, detik ini, sekarang juga.... Kita bangun sebuah komunitas yang kuat, kalau sudah terjalin dengan baik, kita akan merasakan manfaatnya. Bukankah silahturahhim itu memperluas pintu rezeqi?

Salam Inspirasi

Irawan Senda

2 komentar:

Islamiarani mengatakan...

Dear Saudara Senda,
anda benar sekali dalam memaknai arti penting komunitas...
sederhananya saja, kita sebagai bangsa Indonesia sudah mengenal filosofi 'sapu lidi' ..
Ya begitu itu lah sedikitnya komunitas dapat dicoba untuk disamakan ..
wallahu'alam

Regards,
-ur lost friend-
ISLAMIARANI

Irawan Senda dan Toto Edrinal Sebayang mengatakan...

Thanks Ran, kapan buat blognya?

Posting Komentar