Jumat, Maret 06, 2009

Buku Magnet Muhammad


Menyesuaikan dengan momentum IBF, ada baiknya saya membahas buku ini. Buku ini ditulis oleh pakar penulis buku yang sudah tidak diragukan lagi dalam dunia penulisan. Pernah menjadi Direktur Penerbit MQ dan sekarang memimpin penerbit Salamadani yang bermaskas di Bandung.
Ia adalah Bambang Trimansyah atau lebih dikenal dengan Bambang Trim. Buku Magnet Muhammad yang dibuatnya adalah sebuah buku yang menjawab kesimpangsiuran teori the law of attraction. Untuk lebih lanjut mari kita bahas satu persatu. Ada tujuh bab yang akan membawa kita menemukan esensi dari The Law of Attraction.
Bab pertama adalah “Intro : The True Law of Attraction.” Di bab ini kita akan dijelaskan fase-fase seorang Muhammad dalam mencapai The Law of Attractionn sesungguhnya. Bab ini juga mengkritik secara halus The Law of Attraction yang digaungkan Michael J.Lossier dan Rhonda, sebab pada dasarnya tidak ada The Law of Attraction, semua adalah sebuah kehendak-Nya yang sudah terencana dengan baik, seperti yang tertulis pada Q.S Al An’am : 59 yang berbunyi : Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)." Adanya bab dan potongan ayat ini menyadarkan kita pada hakikatnya jalan hidup kita sudah diatur oleh-Nya. Dan kita bukanlah pengendali alam semesta seperti yang dikatakan dua orang diatas. Prinsip sesuatu bisa terealisasi dengan baik adalah karena adanya doa.
Bab kedua adalah “Getaran Cinta Muhammad.” Dalam bab ini kita diajak untuk melihat sisi kasih sayang dari seorang Muhammad SAW kepada umatnya sebagai wujud kecintaan beliau kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, dalam bab itu dijelaskan betapa hukum ketertarikan adalah bagian dari sunatullah yang tentunya harus diperbaiki pemahamannya sesuai dengan pola dan pandangan muslim yang seharusnya dilakukan.
Bab ketiga adalah “Getaran Akhlak Muhammad SAW.” Nah pada bagian ini dijelaskan dengan gamblang bahwa sesungguhnya akhlak yang baik akan mempercepat sebuah ketertarikan, karena di dalamnya terdapat nilai positif yang jauh lebih berharga daripada sekedar berpikir positif.
Bab keempat adalah “Daya Intuisi Muhammad SAW.” Dalam bab ini dijelaskan arti penting dari sebuah intuisi. Intuisi yang baik berawal dari sebuah ilmu yang datangnya langsung dari Allah SWT, semua didapat dari proses tafakur dan pencarian makna hidup sebenarnya, jadi tidak benar bila ada orang mengatakan semua bisa terwujud karena kita pengendali alam semesta. Semuanya itu pada dasarnya sudah diatur Allah SWT dan bukan kita yang menarik semuanya dengan pikiran.
Bab kelima adalah “Daya juang Muhammad.” Dalam bab ini ditekankan bahwa tidak ada sesuatu yang datang hanya dengan berharap saja. Semua membutuhkan daya juang yang tinggi untuk meraihnya, maka jangan berharap uang satu milyar datang kepada kita jika kita hanya memikirkan saja, tanpa bertindak sedikitpun.
Dan yang terakhir membahas tentang “Daya Tahan Muhammad dalam berdoa.” Dari bab ini kita akan dituntun untuk memaknai esensi doa sebenarnya. Selama ini doa-doa kita yang belum diijabah dimungkinkan karena kita kurang serius dalam berdoa. Seharusnya kita malu pada diri kita sendiri, lha wong rasulullah yang sudah pasti akan masuk surga aja serius berdoa, sedangkan kita hanya berdoa di kala susah saja (bukan begitu).
Nah kurang lebih begitulah isi buku ini. Penyajian bukunya singkat padat dan akurat. Dan enaknya bila saat ini kita membeli buku ini di stand Cicero, ada penawaran menariknya lho….

Salam Inspirasi


Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar