Minggu, Maret 08, 2009

Menulis Buku Sulit Atau Tidak?


Banyak pertanyaan yang sering kali saya dengar dari rekan atau teman saya, bahkan hari ini beberapa teman saya kembali menanyakan hal yang sama. Bagi saya secara pribadi menulis sendiri tidaklah sulit, bahkan bila ada orang berkata tidak bisa memulai menulis, sebenarnya hanyalah sebuah kiasan klise.

Sekarang jujur saja ketika kita menulis apakah kita mengalami sebuah kesulitan? Saya yakin anda atau kita semua bisa menulis, hanya saja yang menjadi kesulitan adalah bagaimana mengakhirinya. Mengakhiri itu tidak mudah, karena dalam kata mengakhiri tersimpan sebuah proses yang panjang hingga akhirnya buku tersebut selesai dengan baik. Disinilah letak penting fondasi mengkahiri sebuah tulisan.

Mengakhiri sebuah tulisan haruslah dimulai dengan sebuah pesan universal, seperti manfaat apa yang akan didapatkan pembaca, langkah apa agar pembaca bisa menerapkannya dalam dunia nyata dan bagaimana menyajikannya ke pembaca. Semua adalah rangkaian tersulit yang tidak tersirat secara nyata. Maka bila begini adanya, sudah saatnya kita memikirkan bagaimana mengakhiri sebuah buku dan prestasi apa yang harus dicapai dalam buku tersebut.

Dengan mengetahui akhirnya, gerbang kesulitan dalam menulis akan bisa terpecahkan sedikit demi sedikit. Maka apakah kita sudah mengetahui akhir dari tulisan kita? Jika belum pikirkanlah dengan matang dan anda akan temukan jalan untuk menyelesaikan tulisan anda.

Salam Inspirasi


Irawan Senda

1 komentar:

tips menulis buku mengatakan...

Begitu sukarkah menghasilkan buku, sama ada buku fiksyen, buku ilmiah atau buku bukan fiksyen? Buku individu yang hendak menjadi penulis tetapi ramai yang tidak berjaya, apatah lagi sebagai penulis yang dapat memberikan sumbangan yang bermakna di dalam dunia penulisan. Malah bukan menjadi rahsia lagi, ada yang masih lagi bermain dengan angan-angan. Mengapa anda hendak menadi penulis buku? Menulis buku dapat dilakukan sepenuh masa sebagai profesional dan dapat juga sebagai kerjaya sampingan.

Posting Komentar