Minggu, Maret 08, 2009

Motivasi Sebuah Pemikiran Atau Tindakan?


Sebuah pernyataan terungkap dalam sebuah diskusi. Ada seseorang yang tiba-tiba melontarkan sebuah pertanyaan. “Menurut anda motivasi sebuah pemikiran atau tindakan?”

Pertanyaan ini menjadi pembahasan menarik untuk kita perbincangkan dalam weblog ini. Perlu kita ketahui pada dasarnya motivasi adalah serangkaian tindakan untuk mencapai dan menyelesaikan target dengan sebuah motif tertentu. Jadi pada dasarnya motivasi adalah sebuah tindakan konkrit bukan sekedar retorika semata. Bila begitu adanya mengapa banyak orang yang tidak termotivasi dengan baik?

Hal ini menjadi sebuah perenungan bersama agar kita lebih memaknai arti hidup sebenarnya. Jujur saja ketika kita berkata kita termotivasi namun tidak melakukan pergerakan, maka itu bukanlah sebuah motivasi. Itulah yang dinamakan retorika semata. Ketika ada seorang yang senang berkoar-koar memotivasi orang lain tapi dalam hatinya kosong maka sebenarnya ia adalah orang yang belum termotivasi dengan jelas.

Kejelasan sebuah motivasi terlihat ketika ia bisa mengarahkan dirinya pada sebuah target tertentu yang telah dibuatnya. Ketika ia tidak bisa mengarahkan dengan baik, maka ada yang salah dengan pemahamannya akan sebuah motivasi.

Motivasi itu bukanlah semangat, yang selama ini anda ikuti dalam sebuah training adalah semangat bukan motivasi. Dan yang menjadi motivator bukanlah para pembicara yang berdiri di depan anda. Karena pada dasarnya seorang yang bergerak mencapai target dan tujuan karena sebuah motif adalah seorang motivator. Jadi kita sebenarnya adalah para motivator, hanya saja kita tidak tahu dengan jelas apa makna motivasi sesungguhnya.

Jadi dengan adanya medium ini saya ingin membuka cakrawala pandang anda tentang sebuah motivasi sesungguhnya. Sebab kita tidak butuh teriak untuk termotivasi kita butuh tindakan nyata untuk mewujudkan semua mimpi dan itu dimulai dari sekarang.

Salam Inspirasi



Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar