Sabtu, Juli 26, 2008

Motivasi dan Inspirasi Dari Aa Gym Ustadz dengan gaya khas segudang..



Aa Gym ustadz dengan gaya khas dengan segudang ilmu yang dibeberkannya memberikan berjuta inspirasi bagi setiap orang yang mendengar dan melihatnya. Terlepas dari masalah poligami yang beliau jalani, saya tetap menganggap beliau memberi inspirasi yang cukup berharga buat saya.

Ada inspirasi yang selalu saya ingat dan coba jalankan saat ini, yaitu prinsip 3M yang beliau dengung-dengungkan. 3 M ( mulai dari sekarang, mulai dari hal yang kecil dan mulai dari diri sendiri ) selalu menjadi sebuah acuan bagi setiap orang untuk mendapat sebuah kesuksesan dalam menyelesaikan puzzle kehidupan yang kita jalani.

Saya akan sedikit membahas dari yang beliau katakan ketika saya dan bersilahturahmi ke rumahnya. Pembahasan pertama adalah memulai segala sesuatu dari diri kita sendiri.

Ketika saya berbisnis saya bergabung dengan beberapa rekan untuk membuat sebuah usaha, lantas kami semua berkumpul mengadakan rapat hampir setiap malam dan hasilnya tidak ada alias nol besar. Dan kegagalan ini terjadi karena masing-masing dari anggota saling mengandalkan satu sama lain. Peristiwa ini mengingatkan saya pada kata-kata Aa dengan 3 M-nya, terutama M yang pertama (mulai dari diri sendiri).

Artinya jika masing-masing anggota memulai sendiri pekerjaan yang bisa dilakukan kemungkinan besar kita bisa mencapai sukses bersama. Pada saat itu saya telat menyadarinya, hingga akhirnya usaha saya menjadi hancur, meski begitu ini menjadi sebuah pembelajaran terbaik bagi diri saya sendiri untuk selalu memulai segala sesuatu dari diri sendiri dengan tidak mengandalkan orang lain.

M yang kedua adalah mulai dari hal yang kecil. Terkadang dalam hidup ini kita mempunyai impian-impian yang ingin sekali kita wujudkan. Dan untuk mewujudkan impian besar terkadang kita berpikir langkah besar apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan impian besar tersebut. Tidak jarang orang akhirnya berhenti memikirkan impian besar karena mereka tidak tahu cara untuk mewujudkannya.

Ini adalah sedikit gambaran yang mungkin terjadi pada diri kita, terkadang diri kita mengiinginkan sesuatu yang besar dan ingin langsung mewujudkannya dengan sebuah langkah yang besar padahal impian tersebut bisa kita mulai dari langkah-langkah kecil untuk mewujudkannya. Sekedar memberi informasi anda tidak akan mencapai puncak tembok china tanpa melewati tangga-tangga kecil. Jadi mulailah kita melangkah dari hal-hal yang kecil karena seribu langkah kecil lebih berarti daripada hanya memikirkan satu langkah besar saja.

M yang ketiga adalah mulai sekarang. Mulai sekarang mengandung makna menyegerakan seseorang untuk bertindak secepatnya dan mengajak kita untuk tidak terpaku membuat rancangan kehidupan saja. Memang membuat rancangan kehidupan itu baik tetapi terlalu lama membuat rancangan tanpa bertindak adalah tindakan yang tidak efektif.

(diambil dari buku Living Like a Puzzle)

0 komentar:

Posting Komentar