Sabtu, Juli 26, 2008

Pertemuan dengan ibu Endah



Pertemuan dengan ibu Endah Taufiq (Penyiar TVRI) memberikan kesan tersendiri bagi saya. Kesan pertama saya bertemu dengan beliau, sangat humble dan mau membaur dengan siapa saja, padahal beliau adalah salah seorang penyiar yang sudah mumpuni dan tidak bisa diragukan lagi kualitas menjadi seorang penyiar.

Ketika beliau menjadi speaker di kampus saya, saya mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang betapa pentingnya memiliki kemampuan berbicara di depan publik.

Menjadi seorang pembicara adalah sebuah pekerjaan yang tidak mudah, karena orang yang berbicara di depan public berarti adalah orang yang dipercaya oleh orang lain. Dalam hal ini tidak mudah menjadi seorang pembicara, karena membuat orang mempercayai dan menghargai kita di depan panggung tidak bisa bermodalkan nekat semata. Sebab jika berbicara tanpa persiapan dan kita tidak menguasai materi pembicaraan, jangan harap mereka mau berinteraksi dengan kita.

Jadi jika kita ingin menjadi pembicara, maka persiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Agar kita bisa menguasai audience dengan baik.

Itulah pesan universal yang coba disampaikan bu Endah dalam seminarnya. Thanks Bu Endah sudah banyak mengajarkan saya cara berbicara di depan umum….

0 komentar:

Posting Komentar