Kamis, Juli 31, 2008

Desain Unik ya Cuma ada di Indonesia


Bicara membaca di Indonesia, mungkin tidak segiat di negara-negara maju semisal Jepang atau USA. Namun bicara daya tarik buku, ternyata buku di Indonesia memiliki daya tarik yang besar dalam segi cover buku. Tercatat ratusan judul buku di Indonesia dikemas menarik dengan desain yang sangat menarik pembelinya, bahkan author dari luar negeri.

Saya sempat mendengar ada seorang desain cover buku di Indonesia sempat di telephone oleh salah seorang penulis novel kenamaan asal Inggris. Penulis tersebut mengaku sangat senang cover bukunya di desain ulang di negara kita, dan desainnya sangat menginspirasi dia untuk membuat sebuah karya yang jauh lebih menarik dari karya yang diterbitkan di Indonesia. Dan desainer cover ini langsung di booking untuk membuat cover buku untuk karya selanjutnya. Sebuah pengalaman yang luar biasa jika karya kita di hargai bukan hanya di negara sendiri namun di manca negara.

Apa yang membuat buku-buku di Indonesia memiliki desain yang sangat menarik? Jawabnya adalah keputusan orang Indonesia untuk tertarik pada sebuah buku terletak pada desain yang menarik, baru kemudian berusaha mencari tahu isi di dalam buku tersebut. Prilaku ini berbeda dengan prilaku pasar di negara-negara maju.

Keputusan mereka membeli buku bukanlah berasal dari cover semata, mereka sangat mempercayai referensi. Apalagi jika referensi tersebut di pampang di sebuah media yang memiliki pengaruh sangat besar semisal New York Times.

Referensi yang baik akan memancinh mereka untuk membeli buku tersebut, bahkan mereka tidak ragu untuk memesan buku lebih awal lewat situs penjualan buku ternama Amzon sebelum buku tersebut di launching secara besar-besaran. Hingga pada saat launching mereka tinggal meminta tanda tangan dari penulis bersangkutan atau lazim disebut dengan book signing. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Pengalaman saya secara pribadi, orang Indonesia jarang mencari referensi sebuah buku dan lebih senang datang ke took buku melihat-lihat, kemudian setelah tertarik barulah membeli. Maka tidak heran untuk memancing mereka melihat buku yang ditulis penulis, penerbit membayar mahal para desainer buku untuk menghiasi cover buku yang akan dijualnya. Maka tidak heran jika Indonesia memiliki buku dengan desain yang unik dan menarik di bandingkan dengan negara lain.

Menarik memang jika kita membahas fenomena desain buku, kerena ada sisi positif dan negatif yang bisa dijadikan pelajaran. Pelajaran baiknya, industri buku jadi merasa tertantang untuk lebih kreatif lagi dalam mengcreate sebuah buku. Buruknya pasar buku Indonesia jadi tidak terbiasa untuk membaca baik buruknya buku tersebut, jika ia membelinya hingga di kemuadian hari bisa saja ia menyesal membeli buku yang telah dibelinya hingga tidak habis terbaca oleh mereka. So, ini adalah PR kita bersama para penulis untuk mengedukasi masyarakat untuk teliti sebelum membeli, bukan begitu?...

0 komentar:

Posting Komentar