Minggu, Oktober 26, 2008

Grup Penulis Pertama di Indonesia


Baru-baru ini saya diajak bergabung untuk membuat sebuah grup. Bukan grup band, grup vokal apalagi grup pelawak. Namun saya diajak bergabung dengan grup penulis.
Fiuh saya sempat berpikir lama menerima ajakan ini, namun setelah saya pikir berulang-ulang. Ide ini bagus sekali, karena di Indonesia saat ini berlum pernah ada grup penulis. Dunia penulisan sepertinya hanya bermunculan pemain solo dan untuk pemain grup boleh dibilang tidak ada.

Dahulu ada mungkin kita mengenal Hilman dan Boim yang biasa menulis novel remaja seperti Lupus dan Olga. Namun ini tidak bisa dikatakan grup secara menulis, karena mereka hanyalah dua orang yang bergumpul dan lebih menonjolkan nama masing-masing. Begitupun Beni dan Mice yang sebenarnya tidak bisa dibilang sebagai penulis, karena pada dasarnya mereka memang kartunis, jadi tidak bisa dibilang grup penulis.

Jadi seperti apa grup penulis sebenarnya? Sebenarnya grup penulis adalah sekumpulan orang yang membentuk sebuah kelompok tanpa menonjolkan masing-masing penulis. Sebagai contoh Asma Nadia, dkk. Mereka tidak bisa dibilang grup penulis, karena koalisinya hanyalah sebuah proyek sesaat dan semata saja.

Bayangan saya grup penulis adalah sebuah grup layaknya grup musik yang memiliki manajer yang mengatur jadwal kegiatan mereka, serta melobi para penerbit. Tidak hanya itu grup penulis juga didukung dengan sikap solid masing-masing anggota untuk mempertahankan grupnya, meskipun setiap orang memiliki karya sendiri. Jadi saya bisa katakan itu adalah grup sebenarnya. Lantas bagaimana dengan grup penulis yang ada di Indonesia?

Saya rasa masih sangat jauh dari harapan, karena grup penulis di Indonesia hanya bersifat proyek semata. Kalau proyek habis ya bubar..., sudah hanya segitu saja tidak lebih tidak kurang. Berbeda dengan grup band yang bisa solid dan bertahan bertahun-tahun. Ini juga yang menjadi tugas berat bagi kita para penulis untuk bisa membuat sebuah grup yang solid dan tidak hanya mengandalkan ego semata. Doakan grup penulis saya berhasil ya...

Salam Inspirasi

Irawan Senda

2 komentar:

yasir mengatakan...

TErima kasih atas kunjungannya.

Irawan Senda dan Toto Edrinal Sebayang mengatakan...

Sama-sama mas btw kita ngelink yu'

Posting Komentar