Minggu, Oktober 12, 2008

Situs Jejaring Sosial


Friendster, Multply, Facebook, Hi5, Tagged, Bebo, Temanster, Live Connector, dll. Apa yang terlintas di benak anda tentang ke semua situs yang saya sebuatkan? Cari teman? Promo? Cari pacar? Cari Pembeli? Dagang?
Yah semua bisa anda lakukan dengan situs-situs jejaring sosial diatas, namun tahukah anda kelebihan dan kekurangan mereka. Nah berhubung saya punya account di semua situs jejaring tersebut, saya akan coba bahas dan ungkap untuk anda tentang kelebihan dan kekurangan.
Kita mulai dari Friendster. Situs ini adalah situs jejaring terbesar di dunia dengan market pasar terbesar adalah negara-negara di Asia. Banyak sekali kelebihan dari friendster yang membuat ia unik dan terus dijadikan orang untuk berhubungan satu sama lain. Kelebihan friendster terletak pada kemudahan pengoperasian. Halaman data diripun sangat variatif, karena semua tergantung dari kita sang pemilik yang mengutak-atik halaman tersebut semenarik mungkin. Nah kekurangan dari friendster adalah blognya memiliki fitur yang terbatas dan seadanya. Jadi bagi kamu para blogger, pasti merasa blog fs kurang representatif untuk menyalurkan hobi dan bakat. Kekurangan kedua adalah kita tidak mengetahui dengan pasti siapa saja rekan-rekan kita yang sedang on line, meski pada halaman home ada daftar orang-orang yang up date, namun data itu tidak bisa kita jadikan patokan untuk berinteraksi dengan rekan kita yang sedang on line.
Begitupun untuk mengajak orang untuk menjadi teman kita, ada beberapa tahap yang membuat kita malas mencari teman jika kita ingin mengajak orang lain untuk berteman. Meski begitu fitur group pada Friendster cukup lengkap karena kita bisa berinteraksi layaknya forum dan semua orang bisa turut bergabung dengan group kita meski untuk melakukan itu semua kita harus menginvite satu persatu orang.
Lain Friendster, lain lagi Multiply. Situs ini menawarkan banyak peluang untuk seorang yang mencintai dunia penulisan. Ada personal website, blog, journal, dll. Pokoknya kumplit deh, meski kekurangan terbesarnya terletak pada loadingnya yang paling lemot diantara situs jejaring lain. Maklum saja situs ini memiliki fitur yang seabreg sehingga wajar saja jika situsnya sulit dibuka. Meski begitu situs ini jadi pilihan bagi para penulis-penulis non fiksi terkenal, semisal Pipit Senja, Anrea Hirata, Asma Nadia, Gola Gong, Rul Khan, Koko Nata, dll. Jadi kalau kamu mau dapetin teman penulis fiksi di Multiply tempatnya.
Berbeda dengan Multiply dan Friendster. Facebook menawarkan sesuatu yang segar. Situs ini menjadi pilihan situs bagi banyak selebriti tanah air untuk sekedar bersosialita. Nama-nama yang berseliweran di Facebook Cindy Claudia Harahap, Meisya Siregar, Bona Sardo, Hilbram Dunar, Becky, Katon Bagaskara sampai Soetrisno Bachir ikutan juga lho (hmm nama yang terakhir ini selebriti bukan ya?). Jadi jalinan pertemanannya cukup hebat karena yang ikut orang-orang yang eksis semua di internet. Pun kalau mau tahu kegiatan keseharian mereka tidak perlu ketik reg seleb dan sebagai macamnya, karena mereka akan kasih info apa yang dilakukannya setiap hari. Karena ada update status yang bisa dilihat oleh teman jejaringnya. Kekurangannya jika kita ingin mencari teman baru, maka kita harus siap ribet karena harus memasukkan kode verifikasi untuk melolosakannya. Dan untuk penulis blog tidak bisa sepenuhnya tersalurkan, karena hanya tersedia journal untuk sekedar curhat. Walaupun begitu situs ini mendukung format wap untuk handphone seperti friendster. So, kalau mau up date bisa dilakukan setiap saat kapan saja dengan handphone berinternet.
Situs jejaring yang tidak kalah hebatnya adalah Hi5. Situs jejaring social ini memiliki perpaduan friendster dan facebook, jadi tampilan ok lah… Cari teman juga lebih mudah karena dia tidak perlu kode verifikasi seperti facebook atau alamat email dan nama belakang seperti friendster. Cukup lihat dan klik add friend, rebesss…. Meski begitu situs ini memiliki beberapa kekurangan. Pertama group, nah dalam pembuatan group kita hanya bisa membuat satu group saja berbeda dengan friendster yang bisa membuat group sepuasnya. Nah yang kedua masalah blog, terus terang situs jejaring ini tidak mengakomodir kebutuhan ini, jadi para penulis bersiaplah kalian kecewa. Meski begitu situs ini punya kelebihan lain dari sisi messages yang seperti milis, jadi kita bisa sahut-sahutan dengan orang yang sudah menjadi teman kita. Berdiskusi juga bisa dilakukan by message. Kelebihan lain terletak pada orang-orang yeng berulang tahun, nah di home terdapat daftar orang yang berulang tahun sehingga kita bisa mengklik langsung untuk mengucapkan happy birthday.
Selanjutnya kita bahas Tagged. Wah kalau bahas situs ini rada-rada malas nih karena kekurangannya cukup banyak dibandingkan situs lain. Pertama situs ini tidak terlalu dikenal di Indonesia, jadi kita akan kesulitan mencari teman. Kekurangan kedua terletak pada koneksinya yang amat sangat lambat, terlebih jika kita mentag banyak video maka loadingnya akan semakin lama. Ketiga situs ini banyak dijadikan orang-orang yang kelebihan muatan birahinya untuk disalurkan. Terbukti banyak orang yang memakai situs ini untuk sekedar berkencan dan berpetualang mencari sensasi seks baru. Meski banyak kekurangan situs ini memiliki kemudahan untuk mengetahui siapa saja yang on line pada saat itu sehingga kita bisa melakukan komunikasi dengan mudah lewat email atau mengajak mereka untuk YM-an. Selain itu kita bisa menyimpan banyak koleksi video yang bisa kita download via youtube, jadi cukup bisa diandalkan meski banyak kekurangan.
Liveconnector, situs ini lebih mengedapankan chatting. Kalau situs ini mirip-mirip dengan friendster hanya lebih simple tampilannya, maklum saja namanya juga situs buat chat jadi gak perlu banyak pernak-pernik kan? Karena saya jarang berchatting ria saya tidak banyak menggunakan live connector jadi sory tidak bisa banyak berkomentar untuk situs ini.
Temanster, situs ini memiliki ide dasar friendster, namun lebih simple dari friendster. Saya sempat punya account di situs ini tapi sayangnya tidak saya kelola dengan baik sehingga saya tidak memiliki teman di situs ini.
Bebo, situs ini sama persis seperti Hi5 dan memiliki basis masa pengguna adalah orang China, Korea dan Taiwan. Jadi kalau mau pada ketemu Tao Ming Tse silahkan bergabung dengan situs tersebut.
Nah itulah gambaran singkat dari situs-situs jejaring sosial, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca blog saya.

Salam Inspirasi


Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar