Minggu, Oktober 12, 2008

Tentang Buku Cara Menulis


Belakangan ini banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang penulis buku, terlebih pasca penulis sudah bisa dijadikan pekerjaan yang menjanjikan. Terbukti banyak penulis yang bisa hidup dengan menulis dan kepenulisan. Sebut saja nama-nama penulis novel seperti Dee, Gola Gong, Asma Nadia, Ayu Utami, Hilman, Boim Lebbon, Langit Kresna, Habbiburrahman dan Andrea Hirata. Dua nama terakhir menjadi sebuah fenomena dunia sastra yang tidak bisa diperhitungkan dengan sebelah mata saja.
Jumlah royaltynyapun mencapai milyaran. Nah itu baru dari buku novel, lantas bagaimana dengan buku non fiksi. Tidak kalah mencengangkan Parlindungan Marpaung penulis buku setengah isi, setengah kosong sudah mendapatkan hamper satu milyard dari penerbit MQS dengan penjualan buku diatas 150 ribu eksemplar. Artinya penulis sudah tidak bisa dipandang sebelah mata saja, karena ternyata profesi ini cukup menjanjikan bagi orang yang ingin memenuhi kebutuhan aktualisasi plus keuntungan.
Maka wajar perkembangan buku kepenelusan di Indonesia mengalami sebuah peningkatan tajam. Bahkan pakar kepenulisan Hernowo sudah menulis lebih dari tiga buku tentang dunia kepenulisan. Belum lagi penulis senior lainnya seperti Bambang Trim yang sudah berhasil menelurkan buku-buku tentang kepenulisan. Semua menjadi sebuah catatan tersendiri bagi perkembangan penulisan di Indonesia.
Walaupun begitu ada sebuah kendala tersendiri ketika kita ingin mendapatkan buku-buku seperti ini. Toko buku besar seperti Gramedia tidak menyediakan secara lengkap buku-buku seperti ini. Entah karena buku ini tidak terlalu susah di jual atau buku-buku ini tidak termasuk kriteria rak di Gramedia. Karena kita akan sangat sulit menemukan buku seperti ini.
Jika anda memiliki permasalahan yang sama dengan saya, maka anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Sebab baru-baru ini saya pergi ke sebuh toko buku dengan buku-buku penulisan yang cukup lengkap. Dari mulai cara menulis buku non fiksi sampai menulis buku novelpun tersedia lengkap. Toko ini bernama MP Book Point, sebuah took kecil yang hadir melengkapi seramnya TPU Jeruk Purut (he..he..). Yah toko buku ini terletak satu jalan dengan TPU tersebut, tepatnya di jalan puri mutiara dalam, Cipete.
Di toko buku ini kita akan menemukan satu rak khusus memuat buku-buku penulisan. Tidak hanya itu, harga buku-buku ini termasuk miring bila dibandingkan toko buku lain. Jadi kita bisa menghemat kocek kita untuk membeli buku.
So tunggu apalagi, cepetan datang ke tempat ini, coz siapa tahu kamoe bisa ketemu Andrea Hirata (Sst bocoran buat para pecinta Andrea… Si Ikal kalau ke Jakarta selalu mampir ke tempat ini lho...).

Salam Inspirasi


Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar