Rabu, Oktober 08, 2008

Masjid Al Azhar Bekasi


Masjid ini adalah salah satu dari beberapa masjid yang besar yang berada di kota Bekasi. Masjid ini adalah tempat saya mendapatkan banyak inspirasi dalam hal tulis menulis. Karena selain masjidnya memiliki dekorasi menawan, tempat ini banyak mendatangkan guru-guru agama dan kehidupan dari segala penjuru tanah air.
Ketika saya I’tikaf saya dipertemukan oleh para guru yang telah berguru di negara-negara muslim semisal Pakistan. Dari sini saya banyak mendapatkan banyak hal tentang sebuah kebudayaan baru tentang muslim di negara lain. Di tempat ini juga saya mendapatkan banyak inspirasi baru untuk tulisan dan karya saya. Saya harus banyak berterima kasih kepada pengurus masjid besar ini. Karena tanpa kepedulian dari mereka, masjid tidak akan bisa semakmur seperti sekarang ini.
Inspirasi yang saya dapatkan tidak berhenti sampai disitu saja, sebab pada saat saya melakukan ibadah saya bertemu dengan banyak anak-anak muda bahkan anak yang duduk di sekolah dasar mau duduk tenang membaca Qur’an dan mengikuti kajian-kajian agama. Ketika melihat mereka malu hati ini mengingat masa lalu yang tidak mau mengakrabkan diri dengan rumah Sang Khalik. Saya banyak belajar dari semangat mereka untuk mulai belajar agama sedini mungkin. Sebab kalau bukan kita yang mempelajarinya siapa lagi.
Inspirasi juga datang dari para peserta I’tikaf Lansia. Fiuhh… saya harus berkata apa pada mereka. Semua tentang spirit dan pantang menyerah mereka lakukan demi mendapatkan malam Lailatul Qadr, malu hati ini pada mereka yang sudah tua namun tetap semangat mendirikan shalat malam. Sementara diri ini terlelap dalam sebuah ego untuk mengistirahatkan diri.
Inspirasi selanjutnya adalah tentang kelelawar dan burung wallet. Saat kita ibadah mereka akan menyambut kita dengan tarian berputar yang mereka lakukan di atap-atap kubah masjid. Sungguh pemandangan nan indah yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata ketika mereka melihat para mukiminin lain bermunajah pada Allah. Sungguh diri ini berpikir, mereka saja ingin selalu mendekat dan mendengar asma-Mu, maka kenapa kita yang katanya mahluk sempurna tidak bisa membuktikan lebih baik daripada binatang tersebut. Sungguh sebuah tegura unik yang Allah berikan kepada hambamu ini yang kurang peka.
Inspirasi selanjutnya adalah tentang sebuah profesionalisme. Apapun yang kita kerjakan tanpa dukungan ini tentulah tidak akan maksimal dan berhasil. Tidak terkecuali dengan sebuah masjid. Jangan harap masjid akan baik, jika pengelolaan tidak dilakukan dengan professional. Masjid-masjid yang tidak berkembang saat ini adalah bukti konkrit bahwa masjid hanya dikelola seadanya bahkan jangan harap ada pengelola masjid yang hidup lebih dari cukup, sebab pembayaran pengelola masjid saja hanya berdasarkan sukarela dan kasihan saja. Kalau begini bagaimana masjid kita mau maju?
Itulah inspirasi yang saya dapatkan dari masjid Al Azhar Bekasi, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca blog saya…

Salam Inspirasi

Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar