Rabu, Oktober 08, 2008

Laskar Pelangi The Movie




Waw apa yang saya harus katakan pada film Indonesia ini. Dibuat menarik dengan ringkasan cerita yang menitikan pada orang-orang hebat yang sederhana namun cerdas dan tidak menggurui dalam memberikan pelajaran moral.
Ketika menonton film ini saya merasa di bawa kea lam Belitong dengan panorama yang luar biasa. Pelangi yang dimaksud Ikal dalam buku Laskar Pelangi terlihat indah dan menyejukkan mata bagi siapa yang memandang. Sebuah pemandangan langka yang tidak akan kita temui di kota besar seperti Jakarta ini.
Sungguh sebuah karunia besar Sang Maha Adil pemilik dan pengenggam dunia ini. Sekali lagi ini adalah bukti bahwa kesederhanaan dalam berpikir dan bertindak tidak mengurangi niat baik seorang ibu guru bernama Muslimah yang tegar dan kuat dalam menjalankan profesinya sebagai penulis. Niat yang tulus untuk menjadi seorang pengajar merupakan sebuah dedikasi terbesar dalam dunia pendidikan. Karena jika ia tidak mengajar Ikal maka sudah dapat dipastikan Ikal tidak menulis tentang masa indahnya SD Muhammadiyah Belitong.
Begitupun dengan teman-temannya yang hebat, yang tidak pernah berhenti berjuang untuk mengejar cita-cita seperti Lintang. Meski lingkar takdir tak selamanya sesuai dengan keinginan. Tapi satu hal ini menjadi sebuah pelajaran berharga yang diberikan Sang Khalik untuk bisa lebih mengerti arti dari sebuah perjuangan kehidupan.
Meski banyak adegan yang tidak terekam kamera film, namun esensi pesan moral sudah didapatkan dengan baik. Good Job Mira and Riri, semoga film ini bisa membuka mata Indonesia tentang arti penting pendidikan walau ditengah keterbatasan.
Salam Inspirasi

Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar