Jumat, Februari 06, 2009

Mengganti Kesuksesan dengan Kebermaknaan


Kesuksesan pada dasarnya adalah sebuah prestasi. Prestasi yang di nilai berdasarkan standar ukur manusia, yang bentuknya variatf. Bagi sebagian orang si A bisa saja dikatakan orang yang hebat dan sukses, namun bagi sebagian yang lain bisa jadi si A tidak sukses. Karena lagi-lagi standar kesuksesan seseorang berbeda-beda.


Kesalahan Berparadigma Sukses


Arah paradigma sukses saat ini sangat melenceng jauh dari relnya. Hakikatnya manusia sosial, kesuksesan seharusnya bisa membuat orang lain merasakan manfaat dari orang tersebut, namun pada kenyataan tidak seperti yang kita bayangkan. Materi seolah menduduki singgasana kesuksesan paling diatas. Padahal sejatinya materi, ia hanyalah hasil dari kesuksesan, dan bukan ukuran sukses sejati.


Jadi mengapa kita membiatkan diri terbuai pada satu momentum kesuksesan semu. Buat apa sukses tetapi jiwa dan hati tidak tenang? Inilah yang harus kita review dari paradigma kita tentang kesuksesan.


Kesuksesan yang ada saat ini hanyalah bentuk dan keinginan orang lain


Pada akhirnya belum tentu kesuksesan yang kita dapatkan adalah yang kita inginkan. Terkadang keinginan kita berbeda jauh dengan kesuksesan, namun anehnya kita menjalaninya terus tanpa lelah. Sungguh aneh, tapi mungkin inilah fenomena unik yang ada pada diri kita.


Ubah pandangan kesuksesan menjadi kebermaknaan


Hidup adalah tentang pemberian makna dari perjalanan tersebut, karena kebermaknaan adalah sebuah warisan yang membuat orang lain yang hidup setelah kita. Inilah yang akan terus dikenang dalam alam kehidupan seterusnya.


Kata orang hidup ini singkat bung! Karena singkat itulah kita harus bisa memaknainya dengan bijak. Semoga kita bisa mencari kebermaknaan dalam setiap langkah hidup kita.



Salam Inspirasi




Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar