Kamis, Februari 12, 2009

Motivasi


Apa itu motivasi? Benda apa itu motivasi? Motivasi terdiri dari delapan hurup yang terangkai menjadi sebuah kalimat, dimana masing-masing memiliki arti sendiri. Mari kita bahas satu persatu:

M = Mencari alasan untuk bertindak
Bertindak memerlukan alasan yang pasti. Dengan alasan kita bisa terus konsisten mengerjakan tindakan itu hingga hasilnya membuahkan hasil dari target tindakan kita. Jadi mencari alasan adalah cara pertama untuk mulai mencoba memotivasi diri sendiri.

O = Objek
Objek dalam hal ini adalah target apa yang akan kita capai dalam bertindak. Tindakan memerlukan sebuah target, karena target adalah ukuran keberhasilan dan kesuksesan. Tanpa itu semua kita tidak memiliki ukuran pasti seberapa besar langkah yang sudah kita capai.

T = Tools
Dalam bertindak mencapai sebuah tujuan, kita membutuhkan alat. Alat adalah medium untuk merealisasikannya karena tanpa alat sebuah target tidak akan berhasil terealisasi dengan baik. Alat dalam hal ini bukan hanya alat dalam arti harfiah saja, namun juga alat dalam arti kiasan.

I = Inisiatif
Hanya orang-orang yang inisiatif yang bisa bertindak mewujudkan semua targetnya. Perjalanan hidup tidak selamanya mulus seperti yang kita rencanakan. Karena akan selalu ada krikil-krikil tajam. Oleh karena itu kita membutuhkan Inisiatif yang tinggi untuk menyelesaikan semua kendala dengan baik.

V = Visi
Setiap yang melangkah dan bertindak membutuhkan sebuah visi agar tetap berada pada koridor semestinya. Salah satu yang membuat orang tetap bersama di belakang kita dan mendukung kita adalah visi. Maka jadikan visi sebagai penuntun mencapai target yang kita jalani.

A = Anggaran
Tidak ada tindakan yang tidak memiliki anggaran. Anggaran meliputi waktu, pikiran, uang dan tenaga yang kita keluarkan. Maksimalkan anggaran kita untuk mewujudkan semua target menjadi nyata.

S = Sikap
Sikap yang bijaksana akan menuntun seseorang menemukan arti dari sebuah kesuksesan. Karena pada dasarnya esensi kesuksesan adalah menyikapi arti dari perjalanan kesuksesan, bukan merasa kosong ketika kita mencapai semuanya.

I = Inspirasi
Tidak hanya bisa memotivasi diri sendiri, sejatinya motivasi adalah bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Jadi buatlah diri kita menjadi pembagi makna sebuah tindakan untuk mencapai semua target hidup.

Salam Inspirasi


Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar