Selasa, Februari 24, 2009

Resensi Buku Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh



Penulis : Dianata Eka Putra

Penerbit : Kaifa


Minggu lalu saya membaca sebuah buku unik yang mesti saya resensikan kepada sobat Komunitas Baca Buku. Buku ini berjudul Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh (MPOLBT). Buku ini unik karena kita diajak menyelami bahasa tubuh orang lain. Baik itu senang, sedih, marah atau gembira.


Tanpa sadar dalam kita hidup, kita mengeluarkan gerakan-gerakan ketika kita melakukan sebuah aktivitas yang berkaitan erat dengan emosi. Menajamkannya menjadikan kita tahu saat yang tepat untuk masuk dalam kehidupan orang lain dengan tidak mengganggu ruang hidupnya.


Buku MPOLBT, membuka arti penting dalam melihat bahasa tubuh karena dengan melihat bahasa tubuh, intuisi kita akan terasah dengan baik. Terutama ketika kita akan melakukan meeting dengan klien kita.


Secara umum ada tujuh bab yang disajikan dalam buku MPOLBT. Dimana masing-masing bab memiliki bahasan yang berbeda-beda.


Dimulai dari bab I yang berisi bahasa tubuh orang yang berbohong. Pada bab I ini kita diajarkan cara mengenali bahasa tubuh orang yang berbohong, dari mulai pandangan mata yang tidak fokus, alis, menutup mulut, berpura-pura batuk, sampai menggaruk leher. Semua kode tersembunyi sebenarnya tanpa disadari dilakukan oleh orang-orang yang kita temui, hanya saja kita tidak peka melihat kebenaran dan kebohongan. Untuk Sobat Komunitas Baca Buku yang sering tertipu, ada baiknya baca bab I dengan serius.


Bab II bercerita tentang bahasa tubuh orang tertarik. Untuk bab II kita akan dijelaskan tentang ciri-ciri gerakan orang yang tertarik pada kita. Dari mulai mengibaskan rambut, posisi kaki, perubahan pupil dalam mata, meletakkan kaki, sampai membetulkan kerah, nah lho. Untuk itu bagi anda yang berhubungan dengan dunia marketing, ada baiknya membaca buku ini dengan jelas. Dengan membaca ini kita bisa mendapatkan gambaran nyata tentang ketertarikan seseorang kepada produk yang kita tawarkan.


Bab III bercerita tentang Bahasa Tubuh Orang Menolak atau Marah. Nah di bab III kita diajak untuk mengenal emosi seseorang dengan melihat bahasa tubuhnya dengan melihat kombinasi tangan sampai dengan tatapan. Bahasa tubuh ini penting untuk diketahui para suami atau istri dalam menghadapi pasangannya. So, sobat Komunitas Baca Buku bisa belajar trik menghadapi marah dari bab ini, ketika lawan bicara kita emosi.


Bab IV membahas tentang Bahasa Tubuh Kekuasaan. Nah bagi anda yang ingin mengetahui tipe atasan anda, ada baiknya anda melihat isi bab ini. Bab ini menjelaskan ciri-ciri orang yang berkuasa secara umum, serta bagaimana menghadapi mereka. Jadi bagi anda yang ingin menyelami bahasa tubuh mereka, bisa mempelajari di bab ini.


Bab V membahas tentang Bahasa Tubuh orang sedih. Di bab ini kita bisa mengetahui bahasa tubuh seseorang yang sedih atau stress. Tidak hanya itu, kita juga diajarkan untuk bisa menghadapi mereka yang sedang dilanda stress.


Bab VI membahas tentang Bahasa Tubuh Gerakan Tangan. Nah untuk anda yang sering kali melihat orang yang senang memainkan tangannya, anda bisa mengetahui dengan pasti apa yang ada di pikirannya.

Dan terakhir Bab VII, Bercerita tentang bahasa tubuh yang khas dari beberapa ras di dunia seperti Finlandia, Spanyol sampai Srilanka. So, buat anda yang ingin lebih dalam mengetahuinya bisa langsung baca bab VII.


Nah itulah resensi minggu ini dari saya, semoga bermanfaat untuk Komunitas Baca Buku. Bagi anda yang ingin meresensikan buku, jangan malu untuk taruh di discussion board, nanti kita bahas sama-sama. Kalau bisa resensinya pun jangan terlalu sedikit ya, apalagi untuk cerita, karena kita jadi kurang tahu keseluruhan buku tersebut. Ok sekian dulu dari saya….

Salam Inspirasi

Irawan Senda

0 komentar:

Posting Komentar